Belajar Bermakna Melalui Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam

Rabiudin, Rabiudin (2023) Belajar Bermakna Melalui Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam. 1, 1 . Jivaloka Mahacipta, Yogyakarta. ISBN 978-623-8084-56-2

[img]
Preview
Text
BELAJAR BERMAKNA MELALUI PRAKTIKUM ILMU PENGETAHUAN ALAM (1).pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text
1026-1581-1-PB.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Annisa Shofa Tsuraya.pdf

Download (301kB)
Original publication URL: http://jivaloka.com

Collection description

Praktikum llmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah metode pembelajaran istimewah yang dirancang guru untuk memfasilitasi kebutuhan belajar siswa dalam mengaplikasikan konsep-konsep teori IPA dalam konteks praktis. Metode belajar jenis ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang prinsip-prinsip ilmiah, mengembangkan keterampilan laboratorium, mengamati fenomena alam secara langsung serta menumbuhkan keterampilan berpikir kritis dan analitis. Pada prinsipnya dalam kegiatan praktikum, siswa adalah objek kegiatan belajar, sehingga desainer utama implementasi metode praktikum dalam pembelajaran IPA adalah Guru itu sendiri. Berkenaan dengan ini, Guru harus dapat memahami bagaimana siswa dapat belajar dalam kegiatan praktikum, serta bagaimana kegiatan praktikum dan laboratorium dapat dikelolah untuk menunjang percepatan akuisisi pengetahuan yang berkualitas. Buku ini menjelaskan secara detail dan sistematis beberapa hal yang perlu diketahui oleh guru sebelum mengajar menggunakan praktikum. Di mulai dari uraian urgensi praktikum dalam pelajaran IPA, teknik pelaksanaan dan evaluasi praktikum, manajemen laboratorium hingga penyusunan pedoman dan laporan praktikum. Dengan uraian komprehensif, Buku ini dapat dibaca dan dipahami dengan mudah oleh guru IPA dan Mahasiswa colon Guru IPA guna memberikan penguatan dalam pelaksanaan metode praktikum dalam pembelajaran.

Item Type: Book
Additional information: Belajar Bermakna, Praktikum IPA, Laboratorium IPA
Keywords: Belajar Bermakna, Praktikum IPA, Laboratorium IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Physics
Depositing User: Unnamed user with email ap.iainsorong@gmail.com
Date Deposited: 01 Jul 2023 03:05
Last Modified: 17 Aug 2023 06:41
URI: http://eprints.iainsorong.ac.id/id/eprint/11

Actions (login required)

View Item View Item