MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI MICROSOFT OFFICE POWER POINT PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII SMP CAHAYA ISLAM KOTA SORONG TAHUN 2017/2018

Kamil, Achmad (2018) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI MICROSOFT OFFICE POWER POINT PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII SMP CAHAYA ISLAM KOTA SORONG TAHUN 2017/2018. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sorong.

[img]
Preview
Text
ACHMAD KAMIL_TAR.141042_BAB 1-3.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text
ACHMAD KAMIL_TAR. 141042_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)

Collection description

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana metode meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi Microsoft Office Power Point Pada Pembelajaran Bahasa Arab, 2) Penghambat dan Pendukung dalam proses meningkatkan motivasi belajar dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi Microsoft Office Power Point Pada Pembelajaran Bahasa Arab, 3) Besarnya peningkatan motivasi belajar bahasa Arab dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi Microsoft Office Power Point di SMP Cahaya Islam Kota Sorong. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yang dilaksanakan dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi Microsoft Office Power Point sesuai dengan prosedur penelitian sebagai berikut: perencanaan-tindakan-observasirefleksi. Penelitian dilaksanakan di SMP Cahaya Islam Kota Sorong dengan subyek penelitian adalah 28 siswa pada kelas VII t ahun a j a r an 2017/2018 . Metode pengumpulan data menggunakan Angket Motivasi. Uji validitas berdasarkan pendapat dari para ahli (judgment expert). Hasil validasi menunjukkan bahwa model yang digunakan sudah layak dan instrumen dinyatakan sudah valid. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian meliputi 1) pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dilaksanakan melalui tahap perencanaan yang dilakukan peneliti berkolaborasi dengan guru, tahap tindakan, guru melakukan pembelajaran bahasa Arab sesuai dengan RPP yang dimiliki guru, dan pengamatan dilakukan terhadap proses pembelajaran, selanjutnya tahap refleksi yakni dilakukan perbaikan untuk tindakan siklus berikutnya, sehingga pembelajaran bahasa Arab akan berjalan lebih baik. 2) Peningkatan motivasi dapat dilihat dari rata-rata motivasi siswa, sebelum dikenai tindakan sebanyak 7 siswa dengan motivasi sangat rendah, 19 siswa dengan motivasi rendah, dan 2 siswa dengan motivasi tinggi. Setelah tindakan siklus I sebanyak 6 siswa dengan motivasi rendah dan 22 siswa dengan motivasi tinggi. Setelah tindakan siklus II sebanyak 3 siswa dengan motivasi rendah, 22 siswa dengan motivasi tinggi dan 3 siswa dengan motivasi sangat tinggi. Uraian diatas menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran aplikasi Microsoft Office Power Point dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Unnamed user with email ap.iainsorong@gmail.com
Date Deposited: 20 Aug 2021 02:55
Last Modified: 20 Aug 2021 03:33
URI: http://eprints.iainsorong.ac.id/id/eprint/6

Actions (login required)

View Item View Item