Imron, Ali (2015) INTEGRASI KURIKULUM PONDOK PESANTREN DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN AGAMA ISLAM DI SMP IT NURUL YAQIN KABUPATEN SORONG. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sorong.
|
Text
ALI IMRON_TAR. 111003_BAB 1-3.pdf Download (356kB) | Preview |
|
Text
ALI IMRON_TAR. 111003_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (690kB) |
Collection description
Dalam peneliatan ini penulis bertujuan untuk menggali sedalam mungkin bagaimana proses pengintegrasian kurikulum Pondok Pesantren Sekolah umum, selain itu penulis bertujuan untuk mengidentifikasi komponen-komponen dalam pengintegrasian kurikulum Pondok Pesantren ke Sekolah umum. Karena integrasi ini menambahkan 7 mata pelajaran agama ke sekolah SMP IT tersebut, sedangkan di SMP IT sudah terdapat pelajaran agama tetapi hanya berlingkup PAI yang pengajarannya hanya garis-garis besar pembahasan. Sedangkan setelah di ingklutkan kurikulum Pondok maka banyak perubahan, terutama dalam pelajaran agama lebih terperinci dan siswa/i lebih menguasai secara efesien. Selain itu pula perubahan pada jadwal pulang siswa yang tadinya pukul 12:30 setelah di gabungkan kurikulum Pondok maka jadwal pulang siswa pukul 14:30, dan tenaga pengajar pun sebagian di ambil dari Pondok Pesantren Nurul Yaqin gunu kerja sama yang efektif. Dalam penelitian ini yang berjudul Integrasi Kurikulum Pondok Pesantren Dalam Penigkatan Pemahaman Agam Islam Di SMP IT Nurul Yaqin Kabupaten Sorong, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif karena melihat lokasi peneliatian tersebut. Integrasi merupakan penggabungan sebuah obyek terhadap obyek lain untuk mendapatkan indikasi baru. Karena pengertian intgrasi dalam kamus besar bahasa Indonesia adalah penggabungan atau penyatuan, sedangkan konsepnya adalah penggabungan dua buah obyek atau penyatuan sistem. Jadi jika di kaitkan dengan integrasi kurikulum, maka integrasi ini adalah berfungsi untuk menyatukan atau menggabungkan sistem kurikulum yang satu dengan kurikulum lain. Hal yang dimaksud disini adalah penggabungan antara muatan yang berada di Pondok Pesantren dan muatan yang berada di SMP IT Nurul Yaqin. Muatan didalamnya adalah mata pelajaran yang diingklutkan, peraturan dan asumsiasumsi yang kaitannya dengan pengintegrasian Sekolah Berbasis Pesantren (SBP). SBP ini dilakukan untuk mendapatkan sebuah keunggulan terbaru setelah adanya penggabungan dua buah kultur yang berbeda, hal ini juga dilakukan untuk menyeimbangan pendidikan masa sekarang yang semakin lama semakin terpengaruh oleh perkembangan jaman. SBP mampu mengikuti perkembangan jaman, karena prisnsip SBP adalah penggabungan kultur umum dan kultur kegamaan, sehingga pendidikan sama-sama seimbangan antara umum dan keagamaan. Seperti halnya pada SMP IT Nurul Yaqin yang melakukan SBP sejak Tahun 2011 untuk menghasilkan pendidikan yang unggul dari pada sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Unnamed user with email ap.iainsorong@gmail.com |
Date Deposited: | 20 Aug 2021 02:47 |
Last Modified: | 20 Aug 2021 03:38 |
URI: | http://eprints.iainsorong.ac.id/id/eprint/8 |
Actions (login required)
View Item |