PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB MATERI QAWAID MELALUI METODE MIND MAP BAGI MAHASISWA TAMHIDY MA’HAD BILAL BIN RABAH SORONG TAHUN AJARAN 2018/2019

Aji, Arif Pramana (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB MATERI QAWAID MELALUI METODE MIND MAP BAGI MAHASISWA TAMHIDY MA’HAD BILAL BIN RABAH SORONG TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sorong.

[img]
Preview
Text
ARIF PRAMANA AJI_TAR.151039_BAB 1-3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ARIF PRAMANA AJI_TAR.151039_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Collection description

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana metode meningkatkan hasil belajar mahasiswa melalui metode mind map pada pembelajaran bahasa Arab materi qawaid, 2) Penghambat dan pendukung dalam proses peningkatan hasil belajar bahasa Arab materi qawaid melalui metode mind map, 3) Besarnya peningkatan hasil belajar mahasiswa melalui metode mind map pada pembelajaran bahasa Arab materi qawaid kelas tamhidy di Ma’had Bilal Bin Rabah Sorong. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan dengan menggunakan metode mind map sesuai dengan prosedur penelitian sebagai berikut: perencanaan-tindakan-observasi-refleksi. Penelitian dilaksanakan di Ma’had Bilal Bin Rabah Sorong dengan subyek penelitian adalah 26 mahasiswa pada kelas Tamhidy tahun ajaran 2018/2019. Metode pengumpulan data menggunakan Pre Test Post Test. Uji validitas berdasarkan pendapat dari para ahli (judgment expert). Hasil validasi menunjukkan bahwa model yang digunakan sudah layak dan instrumen dinyatakan sudah valid. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian meliputi 1) pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dilaksanakan melalui tahap perencanaan yang dilakukan peneliti berkolaborasi dengan dosen, tahap tindakan, dosen melakukan pembelajaran bahasa Arab sesuai dengan modul yang dimiliki dosen, dan pengamatan dilakukan terhadap proses pembelajaran, selanjutnya tahap refleksi yakni dilakukan perbaikan untuk tindakan siklus berikutnya, sehingga pembelajaran bahasa Arab akan berjalan lebih baik. 2) Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari rata-rata hasil test mahasiswa, Setelah tindakan siklus II sebanyak 2 mahasiswa dengan hasil test rendah, 3 mahasiswa dengan hasil test tinggi dan 21 mahasiswa dengan hasil test sangat tinggi. Uraian di atas menunjukkan bahwa penerapan metode mind map dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Unnamed user with email ap.iainsorong@gmail.com
Date Deposited: 20 Aug 2021 03:12
Last Modified: 20 Aug 2021 03:29
URI: http://eprints.iainsorong.ac.id/id/eprint/9

Actions (login required)

View Item View Item