Fadirubun, Arobi (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIKIH MATERI SALAT LIMA WAKTU MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI KELAS VII MTs INTEGRAL HIDAYATULLAH SP 3 MAKBUSUN DISTRIK MAYAMUK KABUPATEN SORONG. Other thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sorong.
Text
AROBI FADIRUBUN_TAR. 141033_BAB 1-3.pdf Download (2MB) |
|
Text
AROBI FADIRUBUN_TAR. 141033_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Collection description
Metode demonstrasi adalah teknik dalam mengajar yang dilakukan oleh seorang guru atau orang lain dengan siswa diminta untuk memperagakan sesuatu. Dengan tujuan untuk memperlihatkan kepada seluruh warga kelas tentang proses atau cara melakukan sesuatu. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian tindakan kelas yang dimaksud adalah kajian sistematik dari upaya perbaikan pelaksanaan praktek pendidikan oleh sekelompok guru dengan melakukan tindakan-tindakan dalam pembelajaran, berdasarkan refleksi mereka mengenai hasil dari tindakan-tindakan tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni metode Observasi dan tes uraian. Akan tetapi peneliti fokus ke tes praktek langsung ibadah salat . Data-data yang diperoleh dari penelitian baik melalui observasi, tes atau dengan menggunakan metode yang lain kemudian diolah dengan analisis deskriptif untuk menggambarkan keadaan peningkatan pencapaian indikator keberhasilan tiap siklus dan untuk menggambarkan keberhasilan dalam upaya meningkatkan penguasaan salat para siswa dengan menggunakan metode demonstrasi pada materi shalat di kelas VII MTs Integral Hidayatullah Kabupaten Sorong. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan deskriptif persentase. Dimana rumus yang digunakan untuk mengukur penguasaan anak, maka penulis menggunakan rumus persentase. Hasil pra siklus 28% sebelum menggunakan metode demonstrasi. Setelah menggunakan metode demonstrasi hasil siklus 1 persentase tertinggi 43 % dan siklus ke dua pertemuan pertama persentase tertinggi 89%, pertemuan ke dua siklus II meningkat dengan persentase tertinggi 100%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Unnamed user with email ap.iainsorong@gmail.com |
Date Deposited: | 20 Aug 2021 03:28 |
Last Modified: | 20 Aug 2021 03:31 |
URI: | http://eprints.iainsorong.ac.id/id/eprint/10 |
Actions (login required)
View Item |